Friday, March 25, 2011

Karena Rasa Suka & Cinta

Setiap orang memiliki kegemaran masing-masing, dan biasanya seseorang mengemari sesuatu karena rasa suka dan cinta akan  kegiatan ataupun hal yang lain. Contoh salah satunya beternak atau memelihara binatang, seperti kakak saya sebut saja kak Ali, dia sangat senang sekali memelihara burung berkicau alasanya karena kicaunya yang merdu dan warnanya yang menarik, sedangkan ayah dan ibu senang memelihara ayam dan kelinci alasanya bisa menghasilkan telur dan kelinci bisa beranak pinah, dan alhamdullilah ayam-ayam dan kelinci-kelinci tersebut semakin banyak dan sebagian sudah dijual. Beda lagi dengan saya yang lebih suka memelihara kura-kura dan ikan hias alasanya simpel sih saya suka kura-kura dan ikan, namun saya belum bisa untuk mengembangbiakkan hehehe mungkin ini pliharaan yang cenderung sulit untuk dikembangbiakan, hemmmm meskipun hanya merawat sehingga tetap hidup dan tumbuh besar bagiku sudah luar biasa buat saya, karna hal tersebut menurutku sulit, kenapa bisa seperti itu??  Yach jelas saja binatang juga ingin hidup, dia juga butuh makan dan perawatan yang baik. Sedikit cerita saja kenapa saya suka kura-kura, bagi saya kura-kura itu binatang yang lucu dan unik dengan cangkangnya yang dapat melindungi tubuhnya, dan awal saya suka dengan kura-kura pada saat saya diajak ayah saya ketempat penjualan ikan, disitu saya pertamakalinya lihat dan menyentuh binatang kura-kura secara langsung, karna sebelum itu saya hanya tahu dan melihat melalui gambar di buku,majalah, maupun Tv. Dan pada saat pertamakalinya saya melihat dan menyentuhnya saya langsung jatuh cinta sama kura-kura, dan akhirnya saya minta ke ayah untuk membelikannya. Dan akhirnya saya senang banget  dibelikan 1 ekor kura-kura dengan jenis kelamin laki-laki, pada saat itu kura-kura tersebut masih kecil, ya kira-kira seukuran ibu jari orang dewasa laki-laki. Aku rawat sampai hingga besar sampai seukuran telapak tangan orang dewasa laki-laki, namun kura-kuraku yang dulu sudah hilang entah kemana, mungkin sebabnya hilang itu dia keluar dari kolam dan jalan-jalan kemana, dicari dan ditunggu 3x puasa 3x lebaran tak kunjung pulang, sedih juga sih ditinggal begitu saja hahaha kayak bang toyib aja nih. *lebay mode one*

Namun saya senang sekali bisa diberi kesempatan lagi untuk memelihara kura-kura lagi. bahkan 2 ekor kura-kura sekaligus, kura-kura ini saya dapatkan dari pemberian salah satu adik tingkat saya di organisasi, seneng punya adik yang sangat pengertian dengan  kakaknya heheh. Awal ceritanya saya diberi kura-kura, pada saat itu sedikit cerita saya bikin status di jejaring sosial facebook gini bunyinya “Pengen punya pliharaan kura-kura lagi” disitu dicomment beberapa orang salah satunya adik tingkat saya, dan waktu ketemu langsung sama dia dan kita sempet ngobrol soal kura-kura, dan saya bilang pengen ada yang beliin nih, ehh gak nyakngka ternyata beneran dibelikan, 2 ekor kura-kura kecil jenis brazil, dengan jenis kelamin cewek dan cowok, usia kurang tahu hehe tapi ukuranya sekitar ibu jari orang dewasa laki-laki, dan kura-kura ini saya berikan nama untuk yang cowok “Ipul” dan yang cewek “Epil”. Dan untuk memeringati ultah kura-kura saya berpatokan dengan pada saat pertamakali kura-kura itu diberikan kepada saya yaitu tepatnya tanggal 4 Februari 2011 hehe maklum karena tidak tahu kapan kura-kuranya lahir. J
Sedikit share cara merawat kura-kura, merawat kura-kura sebenarnya gampang-gampang susah, ya hanya butuh ketelatenan dari sang pemelihara, kura-kura yang masih kecil lebih sulit perawatanya karena lebih sensitif dan untuk makanannya juga butuh makanan yang lebih lunak. Dari pengalaman saya dulu memelihara kura-kura dari kecil hingga besar, Coba deh ikutin cara-caraku ini :

  1. Beri tempat yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kura-kura.
  2. Berikan air secukupnya sebatas ½ dari badan kura-kura. Sehingga kura-kura dapat berenang.
  3. Berikan krikil-krikil atau batu-batu kecil didalamnya sebagai tempat untuk dia instirahat. Karena kura-kura merupakan binatang amphibi.
  4. Paling penting nih beri makan yang sesuai, apabila masih bayi beri makanan yang lunak bisa menggunakan makanan yang biasanya untuk ikan buatan pabrik, atau beri telur semut merah, daging dengan ukuran sedang, atau ikan rebon kecil-kecil. Beda lagi kalau ukuran kura-kura sudah besar dia bisa makan makanan yang agak keras, hehe mungkin agak sadis dia bisa makan cicak, jangkrik. Berikan makan secukupnya 3x sehari.
  5. Beri sedikit penghijauan sebagai kenyamanan tempat tinggalnya hehehehe
  6. Tempatkan di tempat yang cukup mendapatkan cahaya sinar matahari dan udara segar.
  7. Ganti airnya tiap hari agar kura-kura tetap bersih dan air juga tidak keruh
  8. Bersihkan cangkang kura-kura, bisa menggunakan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai.
  9. Hindarkan dari orang-orang yang jahat dan usil, hahahaha trauma
  10. Jaga dan cintailah kura-kura hehehe. 
Itu sedikit yang mungkin bisa dilakukan untuk mempertahankan kura-kura kita, dan semua kegiatan yang positif akan mendatangkan hasil yang positif juga, beternak dan memelihara tidak ada ruginya kalau kita lakukan dengan ikhlas, bahkan mungkin kita bisa mendapatkan keuntungan lho dari situ. Bisa melatih kesabaran kita, menumbuhkan rasa sayang dan cinta, dan pengisi disaat kita jenuh. Maka tetap jaga dan sayangi binatang kesayangan anda!!!! 

No comments:

Post a Comment